• Status Order
  • Tlp: 087843227654
  • SMS/WA: 087843227654
  • admin@batikbagoessolo.com
Terpopuler:

Kain Batik Tulis Bisa Tahan Puluhan Tahun Begini caranya!

13 Agustus 2019 - Kategori Blog

Kain Batik Tulis Bisa Tahan Puluhan Tahun, Begini caranya!

Kain Batik Tulis Bisa Tahan Puluhan Tahun, Begini caranya!, Terkadang kita mesti menguasai gimana kiat gampang serta yang benar buat menjaga pakaian batik menjadi tahan lama. Terlebih lagi, batik yang kita kerap gunakan tentu terus menjadi lama hendak terus menjadi kumal. Apalagi pakaian batik yang digunakan cuma terang diawal saja. Seperti itu kenapa produk berbahan batik tidak semacam produk teskstil yang lain.

Disebabkan memerlukan perawatan yang sangat spesial. Pemakaian mesin mencuci nyatanya membuat batik tidak hendak awet serta hendak terus menjadi pudar. Berikut panduan gampang buat menjaga pakaian batik kesayangan kalian semacam batik cap ataupun batik tulis.

Kain Batik Tulis Bisa Tahan Puluhan Tahun, Begini caranya!

Kain Batik Tulis Bisa Tahan Puluhan Tahun, Begini caranya!

 

Panduan Awal:

Kala kalian ingin cuci yakinkan kalian memakai sabun pencuci spesial buat kain batik. Di era saat ini gampang sekali buat dapat memperoleh sabun pencuci spesial batik. Bila kalian tidak memiliki ataupun kesusahan buat mendapatkannya, kalian dapat memakai sampo buat cuci rambut. Pemakaian sampo kalian cuma tinggal melarutkannya dengan air sampai tidak terdapat bagian yang mengental. Sehabis itu kalian celupkan pakaian batikmu.

Panduan Kedua:

Penggunan buah Lerak buat cuci batik. Triknya merupakan dengan meremas- remas buah lerak yang telah direndam air hangat hingga menghasilkan busa serta tambahkan air seperlunya. Sehabis itu, rendamkan kain batik ke dalam larutan tersebut. Apalagi dampak buah lerak dapat menghindari hewan kecil yang bisa mengganggu kain batik loh!

Panduan Ketiga

Bila batik kalian sangat kotor, kalian cuma memerlukan sabun mandi ataupun kulit jeruk dibanding deterjen. Jalani dengan metode mengusapnya pada bagian batik yang kotor.

Panduan Keempat

Kalian tidak butuh memeras pakaian batik kalian yang basah serta tidak diperbolehkan buat menjemurnya di dasar matahari langsung. Lebih baik menjemur di tempat teduh sampai kering

Panduan Kelima

Bila batik kusut sehabis dijemur, kalian wajib menyemprotkan sedikit air diatas kain batik. Sehabis itu, letakkan alas kain diatasnya kemudian disetrika.

Panduan Keenam

Buat penyemprotan pewangi, kalian wajib meletakkan koran diatas batik sehabis itu semprotkan. Jangan semprotkan langsung parfum ataupun minyak wangi ke kain batik.

Bahan Proses Pembuatan Kain Batik Tradisional Cap Dan Tulis Asli Solo

Bahan Proses Pembuatan Kain Batik Tradisional Cap Dan Tulis Asli Solo

Kain Batik Tulis Bisa Tahan Puluhan Tahun, Begini caranya! Panduan menjaga batik. Supaya corak batik berbahan sutra serta serat tidak kilat pudar, awet serta senantiasa nampak indah. Cuci kain batik dengan memakai shampo rambut. Tadinya, larutkan dahulu shampo sampai tidak terdapat lagi bagian yang mengental. Sehabis itu baru kain batik dicelupkan.

Kamu pula dapat memakai sabun pencuci spesial buat kain batik yang dijual di pasaran. Pada dikala cuci batik jangan digosok. Jangan gunakan deterjen. Jika batik tidak kotor lumayan dicuci dengan air hangat. Sebaliknya, jika kotor, misalnya terserang bercak santapan, dapat dihilangkan dengan sabun mandi ataupun apabila kotor sekali, semacam terserang buangan knalpot, bercak dapat dihilangkan dengan kulit jeruk dengan mengusapkan sabun ataupun kulit jeruk pada bagian yang kotor.

Panduan menjaga Batik

– Hendaknya Kamu pula tidak menjemur kain batik di dasar cahaya matahari langsung( tempat teduh). Kain batik jangan dicuci dengan memakai mesin mencuci. Tidak butuh memeras kain batik saat sebelum menjemurnya. Tetapi, pada dikala menjemur, bagian tepi kain agak ditarik pelan- pelan biar serat yang terlipat kembali semacam semula.

Hendaknya jauhi penyeterikaan. Kalaupun sangat kusut, semprotkan air di atas kain setelah itu letakkan suatu alas kain di bagian atas batik itu baru diseterika. Jadi, yang diseterika merupakan kain lain yang ditaruh di atas kain batik.

Dianjurkan buat menaruh batik dalam plastik supaya tidak dimakan ngengat. Jangan diberi kapur barus, sebab zat padat ini sangat keras sehingga dapat mengganggu batik. Hendaknya, almari tempat menaruh batik diberi merica yang dibungkus dengan tisu buat mengusir ngengat. Alternatif lain dengan memakai pangkal wangi yang tadinya dicelup dahulu ke dalam air panas, setelah itu dijemur, kemudian dicelup sekali lagi ke dalam air panas serta dijemur. Sehabis pangkal wangi kering, baru digunakan

Kamu hendaknya pula tidak menyemprotkan parfum ataupun minyak wangi langsung ke kain ataupun baju berbahan batik sutera berpewarna natural.

Apabila Kamu mau berikan pewangi serta pelembut kain pada batik tulis, jangan disemprotkan langsung pada kainnya. Tadinya, tutupi dahulu kain dengan ko

Kami sharing data ini bukan berarti kain/ pakaian Batik Tulis Indonesia bermutu kurang baik ataupun gampang luntur, tetapi kita seyogyanya ketahui gimana metode menjaga kain/ pakaian batik supaya lebih awet( berusia panjang).

Model Motif Kain Batik Tulis Parang Pari

Model Motif Kain Batik Tulis Parang Pari
Call Order Whatsapp ( Text Only ) 082-135-313-738
Pin BB D919D352
Model Motif Kain Batik Tulis Parang Pari Asli Solo
Pewarna Alam Soga Jawa Asli
Motif Parang Pari
Proses 100% Full Tulis
bahan Katun Primissima uk 240x110cm

Berikut 7 Panduan menjaga kain Batik Tulis:

1. Jauhi pemakaian sabun deterjen, sebab sifatnya sangat keras dalam menggerogoti corak yang melekat pada kain. Anjuran kami, yang sangat murah meriah, lumayan pakai shampoo rambut buat cuci kain batik ataupun bahan- bahan spesial yang dikala ini telah banyak dijual di toko ataupun di gallery batik( klerak cair, m**to silk, dll).

2. Dikala cuci kain batik, tidak butuh dengan menyikatnya, lumayan dikucek- kucek lembut, paling utama bagian- bagian yang kotor saja( ie bagian kerah).

3. Dikala cuci kain batik, tidak butuh diperas. Jauhi pula pemakaian mesin mencuci. Lumayan ditarik bagian ujung- ujungnya saja supaya kain batik lurus kembali.

4. Jauhi menjemur kain/ pakaian batik di tempat yang langsung terserang cahaya matahari, lumayan dijemur ditempat teduh ataupun diangin- anginkan saja.

5. Jauhi menyeterika langsung kain/ pakaian batik. Anjuran kami, seterika bagian dalamnya saja ataupun jika memanglah sangat kusut, lapisi dengan kain bersih lain saat sebelum diseterika.

6. Jauhi semprot langsung kain/ pakaian batik dengan parfum ataupun pengharum tubuh yang yang lain, sebab ini hendak mengganggu corak pada warna batik Kamu.

7. Pada dikala menaruh kain/ pakaian batik di lemari, jauhi memakai kapur barus serta sejenisnya, sebab hendak mengganggu kain. Anjuran kami, pakai merica serta ataupun lada, bungkus dengan tissue serta taruh di pojok- pojok lemari Kamu. Dipastikan, ngengat serta sejenisnya tidak hendak mendekat.

baca juga Ini Dia Cara Membedakan Jenis Batik Tulis Batik Cap dan Batik Printing

Jika ini Kamu jalani, insyaAllah kain/ pakaian batik Kamu hendak berusia lebih lama( awet baik kainnya ataupun mutu rupanya).

, ,

 
Chat via Whatsapp

 
Chat via Whatsapp

UA-58720720-1